Sabtu, 23 Juli 2011

Bagian dari rakyat'

1.Penduduk
Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:
  • Orang yang tinggal di daerah tersebut
  • Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.
Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

2.WNI
Kewarganegaraan Republik Indonesia diatur dalam UU no. 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. Menurut UU ini, orang yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) adalah
  1. setiap orang yang sebelum berlakunya UU tersebut telah menjadi WNI
  2. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari ayah dan ibu WNI
  3. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah WNI dan ibu warga negara asing (WNA), atau sebaliknya
  4. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ibu WNI dan ayah yang tidak memiliki kewarganegaraan atau hukum negara asal sang ayah tidak memberikan kewarganegaraan kepada anak tersebut
  5. anak yang lahir dalam tenggang waktu 300 hari setelah ayahnya meninggal dunia dari perkawinan yang sah, dan ayahnya itu seorang WNI
  6. anak yang lahir di luar perkawinan yang sah dari ibu WNI
  7. anak yang lahir di luar perkawinan yang sah dari ibu WNA yang diakui oleh seorang ayah WNI sebagai anaknya dan pengakuan itu dilakukan sebelum anak tersebut berusia 18 tahun atau belum kawin
  8. anak yang lahir di wilayah negara Republik Indonesia yang pada waktu lahir tidak jelas status kewarganegaraan ayah dan ibunya.
  9. anak yang baru lahir yang ditemukan di wilayah negara Republik Indonesia selama ayah dan ibunya tidak diketahui
  10. anak yang lahir di wilayah negara Republik Indonesia apabila ayah dan ibunya tidak memiliki kewarganegaraan atau tidak diketahui keberadaannya
  11. anak yang dilahirkan di luar wilayah Republik Indonesia dari ayah dan ibu WNI, yang karena ketentuan dari negara tempat anak tersebut dilahirkan memberikan kewarganegaraan kepada anak yang bersangkutan
  12. anak dari seorang ayah atau ibu yang telah dikabulkan permohonan kewarganegaraannya, kemudian ayah atau ibunya meninggal dunia sebelum mengucapkan sumpah atau menyatakan janji setia.




WNA
>Adalah Orang yang tidak terdaftar sebagai warga negara dalam suatu negara yang sedang dia tempati saat itu, contohnya Turis.

Apakah bangsa asli indonesia itu?

Tidak mudah untuk mengetahui keadaan kehidupan awal masyarakat Indonesia.Banyak ahli yang memberikan teori dan pendapat mengenai keadaan kehidupan awal masyarakat Indonesia.Beberapa pendapat yg saya tahu adalah:

PROF DR. H. KERN

Beliau berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari Asia.Teorinya berdasarkan perbandingan bahasa.Alasannya adalah karena bahasa-bahasa yang dipakai di kepulauan Indonesia,Polinesia,Melanesia dan Mikronesia berasal dari asal yang sama,yaitu Austronesia.

VAN HEINE GOLDEREN

Menurut Golderen,bangsa Indonesia berasal dari Asia.Ini dibuktikan dengan penemuan artefak prasejarah di Indonesia yang sama dengan artefak penemuan di dataran Asia.

DRS. MOHAMMAD ALI

Ahli kelahiran Indonesia ini menyatakan bahwa Bangsa Indonesia berasal dari Bangsa Yunan.Pernyataan itu dipengaruhi oleh pendapat kalau Bangsa Indonesia itu dari Bangsa Mongol.Karena Yunan terdesak oleh bangsa yang lebih kuat,mereka menyebar ke arah selatan,sampai Indonesia.Kedatangan mereka tidak secara langsung,melainkan bergelombang.Gelombang pertama berlangsung pada tahun 3000 SM-1500 SM.Gelombang kedua berlangsung dari tahun 1500 SM-500 SM.

N.J. KROOM

Menurut Kroom,nenek moyang Indonesia berasal dari daerah China Tengah.Mereka menyebar ke Indonesia sekitar tahun 2000 SM sampai 1500 SM.

Pendapat pendapat diatas tidaklah cukup.Setidaknya ada 2 cara untuk mengetahui asal-muasal nenek moyang bangsa Indonesia,yaitu:

RUMPUN BAHASA MELAYU AUSTRONESIA

Rumpun bahasa yang tersebar di Indonesia termasuk rumpun bahasa Melayu Austronesia.Rumpun bahasa ini meliputi wilayah yang sangat luas yakni Madagaskar,sampai Polinesia dan Melanesia.

MASYARAKAT TANI DI YUNAN

Pergantian masa berburu dan mengumpulkan makanan ke masa bercocok tanam sangat besar perubahannya.Ini tak mungkin dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa dengan masa berburu dan mengumpulkan makanan.Para ahil memperkirakan cara bercocok tanam berasal dari bangsa Yunan.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Thank you!!!!
have a nice day!