Kamis, 17 November 2011

Resensi Buku


Rekan-rekan, pada artikel ini akan menjelaskan tentang resensi buku beserta contohnya , artikel ini di ringkas sehingga mudah dibaca dan dicerna serta tidak sulit untuk diterapkan.
Resensi adalah bisa dikatakan sebagai mak comblang, itu agar memudahkan kita memahami tentang Resensi, kenapa saya bilang resensi segabai mak comblang dalam kehidupan sehari hari Karena dengan resensi kita dikenalkan suatu karya. Seperti halnya mak comblang kita dikenalkan tentang baik buruknya seseorang, kelebihan,kekurangan.
Dalam menulis Resensi perhatikan hal ini sebagai menulis resensi
1.Kalimat/Paragraf  pengantar/pendahuluan(Mengantarkan pembaca supaya pembaca focus pada judul)                                                                                                            
2. Gambaran Umum buku (dilihat dari daftar pustaka agar kita udah dalam meresensi)                
3. Topik/permasalahan dan pemecahan (Menampilkan sinopsis kalau pada buku sastra,pada buku non sastra menjelaskan tentang pembahasan pada buku yang diresensi)                       
4. Bahasa (Dilihat dari pengrang menggunakan kalimat yang bagaimana contoh pengarang menggunakan kalimat yang pendek seperti bahasa pers, dilihat dari Diksi, dilihat dari tata bahasa yang dipakai)                                                                                                    
5. Gaya penyampaian pengarang.(contoh gaya bercerita,gaya mengajak bicara dll.)          
6. Kelebihan dan Kekurangan                                                                                    
7. Perbandingan dengan buku lain yang sejenis                                                            
8. Nilai Buku (Kegunaan buku untuk apa?,bagi siapa?)
Contoh Resensi Buku
Pentingnya Berbakti pada Orang tua terhadap kebaikan dan kebahagiaan didunia dan diakhirat
Judul: Berbakti kepada Orang Tua
kunci Kesuksesan dan Kebahagiaan Anak
Penulis: Muhammad Al-Fahham
Tahun Terbit : 2006
Penerbit : Irsyad Baitus Salam(IBS)
                   Berbakti pada Orang tua sangat dibutuhkan untuk mencapai keluarga yang harmonis hal ini Rasullulah SAW bersabda :”Berbaktilah kalian kepada orang tua kalian niscaya anak-anak kalian akan berbakti pada kalian. Peliharalah kesucian diri kalian, niscaya istri-istri kalian akan memelihara kesucian diri mereka”. (HR Thabarani dan Hakim)
                   Buku bersampul hijau ini berisi 296 halaman dan terdapat 13 bab,10 bab pada pembahasan pertama, 3 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu bakti kepada orangtua,Bab I tertulis pada halaman 75, BAB II terdapat pada halaman 91, BAB III (Bakti Nabi Muhammad) tertuang dalam halaman 115, Bab IV berisi “kewajiban berbakti pada orang tua itu mutlak” tertulis pada halaman 133,Bab V pada halaman 151 membahas keutamaan berbakti kepada orang tua pada bab ini tertulis sebanyak 7 halaman, Bab VI “membahas tentang Mendahulukan Hak Orang tua atas hak-hak lainnya” bab ini tertulis  22 halaman, Bab VII membahas tentang “Fenomena berbakti kepada orang tua dalam pembahasan tentang Etika”, Bab VIII membahas tentang “metode dan petunjuk Nabi untuk berbakti kepada orang tua setelah Wafat”, Bab IX Membahas tentang “Mengapa Ibu lebih didahulukan”, dan pada Bab X menjelaskan tentang “Bukti-bukti yang berharga”. Pada pembahasan yang kedua yaitu membahas tentang durhaka Kepada Orang tua, Bab I menjelaskan tentang “Akibat Durhaka kepada Orang TUa ”, tertulis pada halaman ke 255,dan Bab ini ditulis 14 halaman, Bab II menjelaskan tentang “Bentuk bentuk perbuatan durhaka kepada Orang tua” ditulis pada halaman 269, pada Bab terakhir menerangkan tentang “Apakah orang yang durhaka dapat bertobat?” BAB ini ditulis sebanyak 11 halaman, pada akhi buku ini terdapat Epilog ditulis pada halaman 293.
                   Buku yang membahas tentang berbakti pada orang tua, dan durhaka kepada orang tua ini memberitahu kita tentang bagaimana kita memelihara eksistensi(keutuhan ) masyarakat dengan memelihara keluarga, kisah tentang Berbaktinya Nabi Ismail as, Yahya as, Isa as,serta Bakti Nabi Muhammad SAW.
                   Penulis menggunakan kalimat yang berpanjang lebar dalam menerangkan permasalahan tetappi gampang dimengerti, banyak terdapat dalil-dalil yang memperkuat buku ini, bahasa yang digunakan adalah bahasa yang santun.
                   Gaya penulis menuangkan idenya adalah dengan gaya bercerita, itu dilihat dari tulisan penulis yang menjelaskan sesuatu dengan contoh hal ini mempermudah pembaca memahami suatu pembahasan.
                   Dengan melakukan pendekatan-pandekatan  yang terdapat buku ini menjadi kelebihan tersendiri, namun terdapat kekurangan pada buku ini yaitu pada kertas. Kertasnya menggunakan buku pada umumnya yakni menggunakan kertas yang kualitasnya lebih baik dari kertas buram sedikit.
                     Dibandingkan dengan buku lainnya buku ini lebi9h mudah dimengerti dan bagi anda pembaca buku ini sangat mudah untuk mengaplikasinya.
                   Buku ini berguna bagi siapa saja terutama bagi para pemuda yang mencari jati diri, buku ini juga cocok buat para suami yang mencari istri shalihah karena terdapat pembahasan tentang hal tersebut.



Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Thank you!!!!
have a nice day!