Selasa, 16 April 2013

Catatan PERJALANAN ke MAKAM PAHLAWAN SISINGAMANGARAJA XII ( ETENIER )

            5 November 2012

Sebagai anak Yasop Pastilah Mengetahui sedikit banyak budaya batak. Dikarenakan Asrama Yasop ada di Bonapasogit. Oleh karena itu siswa/I di ajak mengunjung makam pahlawan dari batak.
jarak antara asrama cukup dekat sehingga sangat gampang dan tak mengeluarkan biaya.

Perjalanan Dilmulai
Persiapan
                Dari lapangan Apel ,dimana seluruh siswa/I kelas X α persiapan berangkat ke makam sisingamangaraja dengan Bus kuning.Setelah bus tiba di Lapangan Apel seluruh siswa/I bergegas berangkat ke makam. Perjalanan kira-kira 15 menit dengan bus.
TIBA………………………………
Petualang dimulai dari gebang dengan corak lukisan batak yang amat unik. Memasuki wilayah makam pertama kita akan melihat Prasasti peresmian makam tersebut oleh Presiden RI Pak SBY. Tepat di depan Prasasti terdapat sumur tua yang telah di perbaiki dimana sumur itu adalah sumur yang digunakan oleh keluarga dari SISINGAMANGARAJA XII.
perjalanan dilanjutkan ke pusat dari makam pahlawan ini , yaitu makam dari RAJA SISINGAMANGARAJA XII beserta 2 putra nya yang GUGUR bersama di medan tempur melawan Penjajah.
Tepat dibelakang makam itu terdapat juga lagi TAMBAK pinompar SISINGAMANGARAJA XII,diantara nya 3 istri dan lainnya.
Keluar dari Pemakaman……….
Kami melanjutkan melihat perpustakaan dan museum tepat di samping tambak tersebut.Gedung ini terletak tepat di belakang kantor bupati Toba samosir. Gedung tersebut diresmikan pada 23 April.
Bukan hanya gedung iu yang ada di makam itu.
Rumah tempat tinggal keluarga RAJA SISINGAMANGARAJA XII masih berdiri kokoh di samping makam.
Rumah itu masih belum pernah di perbaiki, jadi bentuk nya masih tetap. Tetapi rumah itu kalu untuk status social zaman dulu itu termasuk megah. Karena bentuknya bukan seperti rumah adat batak toba. Jadi itu cukuplah untuk dikatakan sebagai tempat tinggal seorang panglima perang atau seorang RAJA.

Go Dorm
waktunya pulang, bis sudah siap berangkat. Seluruh kelas 1 alpha masuk ke bis kuning asrama yasop  dan Take off.
End……………………………………
Don’t forget about your culture. If you batak and you life in city you must have holiday in BONAPASOGIT. Or if you success don’t forget to make your hometown to blossom .

By:Petra Situmorang 
XXIII GEN OF YASOP [eteNier]

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Thank you!!!!
have a nice day!